Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Izin Travel Umroh Terbaru 2023

Cara Cek Izin Travel Umroh Melalui Web Kemenag RI
Untuk mengantisipasi terjadinya penipuan yang dilakukan oleh travel agen nakal Direktur Pembinaan Haji dan Umrah dari Kemenag RI menghimbau kepada seluruh umat Islam yang akan melaksanakan ibadah umrah harus berhati-hati dan selektif dalam memilih travel umroh. Sebaiknya cek terlebih terlih dahulu izin operasinalnya apa benar-benar sudah mendapat izin resmi dari Kemenag atau belum.

Kurangnya informasi secara umum dan ketidak tahuan setiap tahun banyak calon jamaah umroh terjebak dan menjadi korban dengan travel yang mengaku sudah mempunyai izin umrah dan haji resmi dari Kemnterian Agama RI.

Biasanya pengakuan semacam itu sering dimanfaatkan oleh pihak travel agen yang belum memiliki izin resmi namun ingin mempengaruhi para calon jamaahnya agar lebih terpercaya. Hati-hati dengan pengakuan semacam itu! cek kebenarannya terlebih dahulu sebelum memilih.

Cara Cek Izin Travel Umroh - Update 2020

Diera digital sangat mudah untuk mencari informasi yang diinginkan, seperti halnya cara cek izin travel umroh yang bisa dilakukan secara online melalui website resmi Kemenag dan aplikasi Umrah Cerdas.

Cara Cek Izin Travel Umroh - Melalui Web Kemenag RI

Cara yang pertama bisa langsung klik web https://simpu.kemenag.go.id. Setelah websitenya terbuka, bisa langsung ketik Nama PPIU / Nomor SK / Alamat / Nama direktur pada kolom pencarian yang tersedia (pilih salah satu). Lalu kemudian klik tombol cari PPIU.

Tunggu proses pencariannya, jika muncul nama travel agen yang bersangkutan berarti travel tersebut resmi terdaftar di basis data Kementerian Agama RI. Namun jika tidak, travel agen yang bersangkutan dipastikan tidak atau belum memiliki izin sebagai penyelenggara ibadah umrah.

Cara Cek Izin Travel Umroh - Melalui Aplikasi Umrah Cerdas

Cara cek izin travel umroh yang pertama cukup mudah, namun jika Anda tidak mau repot mengoparsikan komputer atau laptop bisa mencoba cara yang kedua, yaitu melalui aplikasi Umrah Cerdas menggunakan HP Anda.

Pertama-tama buka HP Anda yang sudah terkonesksi dengan jaringan internet, lalu cari aplikasi Umrah Cerdas di Play Store. Kemudian instal aplikasi Umrah Cerdas yang resmi dikelola Kementerian Agama RI tersebut di HP Anda.

Kalau sudah terinstal silakan buka aplikasinya dan silakan cari nama travel umroh yang mau di cek dibagian penyelenggara.



Cara Cek Travel Umroh Berizin Resmi di Kemenag RI

Direktur Pembinaan Haji dan Umrah dari Kementrian Agama Republik Indonesia mengemukakan bahwa umat islam yang akan melaksanakan ibadah haji dan umrah harus mawas diri dan melakukan pengecekan terhadap izin dari biro perjalanan haji dan umroh yang dipilihnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari tindak kriminal penipuan yang seringkali terjadi di Indonesia.

Kurangnya informasi secara umum dan ketidak tahuan setiap tahun banyak calon jamaah umroh terjebak dan menjadi korban dengan travel yang mengaku sudah mempunyai izin umrah dan haji resmi terdaftar di Kemntrian Agama RI padahal sebenarnya belum terdaftar. Biasanya Pengakuan tersebut sering dimanfaatkan oleh pihak travel haji dan umroh yang belum mempunyai izin resmi untuk memikat para calon jamaahnya agar bisa lebih percaya. Hati-hati dengan pengakuan semacam itu! cek kebenarannya terlebih dahulu sebelum memilih.

Cara cek travel umroh berizin resmi di Kementrian Agama Republik Indonesia mudah, bisa lansung klik http://haji.kemenag.go.id/v2/basisdata/daftar-ppiu. Pada halaman tersebut ada kolom untuk mencari travel dan jasa biro perjalanan yang sudah memiliki izin secara resmi. Cukup memasukkan nama PT dari travel dan biro perjalanan tersebut dengan HURUF KAPITAL, lalu klik cari, dan tunggu proses websitenya. Jika nama biro perjalanan tidak ada dan tidak ditemukan, maka biro perjalanan haji dan umroh tersebut tidak memiliki izin resmi dari Kementrian Agama. Begitu juga sebaliknya Jika nama biro perjalanan umroh dan haji tersebut muncul maka jamaah bisa tenang hati karena artinya biro tersebut sudah bersertifikat resmi.

Data Travel Umroh Legal di Kementrian Agama

Saat ini, sedikitnya ada sekitar 655 biro perjalanan haji dan umrah yang sudah didaftarkan oleh kementrian agama dan menjadi biro yang sudah memiliki izin dan secara resmi mampu melakukan perjalanan dan memfasilitasi masyarakat untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah. Data tersebut disebutkan oleh Ditjen PHU dan telah disesuaikan. Biro perjalanan yang sudah memiliki izin berarti sudah memenuhi syarat yang ditentukan dan ditetapkan oleh pihak pemerintah khususnya kementrian agama. Di luar 655 biro perjalanan yang ada maka dianggap sebagai biro perjalanan yang ilegal dan pemerintah tidak bertanggung jawab jika jamaah telah tertipu biro tersebut.

Sebenarnya, Kementrian Agama sudah pernah menghimbau kepada seluruh umat islam agar senantiasa teliti dan melakukan pengecekan biro perjalanan haji dan umroh yang akan dipakai ketika akan melaksanakan haji dan umroh. Hal itu karena banyak sekali jamaah haji yang mendatangi kementrian karena merasa sudah tertipu oleh yayasan dan travel yang mengadakan perjalanan haji dan umroh. Cara cek travel umroh berizin resmi pun terus menerus disebarluarkan sehingga jamaah akan lebih berhati hati sebelum memilih biro perjalanan haji dan umrah.

Semoga tulisan cara cek izin travel umroh terdaftar resmi di Kementerian Agama diatas bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih