Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Izin Travel Umroh Update Terbaru

Cara Cek Izin Travel Umroh | Untuk mengantisipasi terjadinya penipuan oleh travel agen nakal, Direktur Pembinaan Haji dan Umrah dari Kemenag RI menghimbau kepada seluruh umat Islam yang akan melaksanakan ibadah umrah harus berhati-hati dan selektif dalam memilih travel umroh.

Kurangnya informasi secara umum dan ketidak tahuan membuat para calon jamaah umroh yang masih awam banyak terjebak oleh iming-iming oknum travel nakal yang menawarkan paket umroh murah yang tidak rasional.

Maka dari itu, untuk menguarangi tindakan penipuan oleh oknum nakal sebaiknya sebelum menggunakan jasa travel agen penyelenggara cek terlebih terlih dahulu izin operasinalnya apakah sudah benar-benar terdaftar resmi di Kemenag atau belum.

Nah, bagi Anda para calon jamaah umroh yang belum tahu bagaimana cara cek izin travel umroh simak ulasannya berikut ini.

Dua Cara Cek Izin Travel Umroh Terbaru 2022

Ada dua cara cek izin travel umroh yang bisa kita lakukan secara online, yaitu melalui wesbsite resmi Kementerian Agama Republik Indonesia dan aplikasi Umrah Cerdas. Berikut cara-caranya;

1. Cara Cek Izin Travel Umroh Melalui Web Kemenag RI
Cara Cek Izin Travel Umroh Melalui Web Kemenag RI
Langsung saja buka wesb resmi Kementerian Agama =>> simpu.kemenag.go.id.
Setelah websitenya terbuka langsung ketik Nama PPIU / Nomor SK / Alamat / Nama direktur pada kolom pencarian yang tersedia, lalu klik tombol cari PPIU.

Tunggu proses pencariannya. Apabila muncul data-data agen travel umroh yang Anda cek, berarti travel tersebut resmi terdaftar di Kementerian Agama RI.

Namun jika data-datanya tidak muncul di website Kementerian Agama (Kemenag) maka ada dua kemungkinan. Pertama, biro travel agen sedang dalam memperbarui izin PPIU nya. Kedua, travel yang bersangkutan belum terdaftar di Kemenag RI.

2. Cara Cek Izin Travel Umroh Melalui Aplikasi Umrah Cerdas
Cara Cek Izin Travel Umroh Melalui Aplikasi Umrah Cerdas
Instal terlebih dahulu aplikasi Umrah Cerdas milik Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah ke smart phone Anda. Setelah Aplikasi Umrah Cerdas terinstal ke smart phone Anda, silakan di buka dan klik menu PPIU untuk proses selanjutnya.

Untuk mempermudah proses pencaraiannya silakan ketik nama travel atau nama PT pada kolom "Cari PPIU". Jika travel umroh yang anda cek maka akan muncul data-datanya di aplikasi Umrah Cerdas ini.

Nah, itulah dua cara cek izin travel umroh yang cukup mudah untuk Anda lakukan.

Semoga bermanfaat (artikel: www.biayahaji.com)