Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sehat Sebelum Pergi Umroh dan Haji ke Baitullah

BIAYAHAJI.COM | Umroh dan haji adalah ibadah yang membutuhkan fisik yang kuat. Oleh karena itu perlu persiapan fisik yang oftimal agar proses pelaksanaannya bisa terlaksana dengan baik dan lancar.

4 Tips Sehat Sebelum Pergi Umroh dan Haji

1. Rutin Berolahraga

Para calon jamaah memang harus mempunyai tubuh kuat selama berada di tanah suci, karena akan melakukan beberapa kegiatan ibadah yang berkaitan dengan fisik.

Maka dari itu, sebelum berangkat umroh dan haji ke Baitullah dianjurkan melakukan olahraga ringan, seperti perbanyak berjalan kaki atau sekedar jogging ringan yang bisa dilakukan di pagi atau di sore hari. Dengan banyak olaraga sebelum berangkat akan memberikan kekuatan tubuh yang optimal sehingga mampu untuk melakukan segala kegiatan disana nanti.

2. Menjaga Pola Makan

Selain rutim berolahraga, agar tubuh tidak mudah terserang penyakit yaitu dengan menjaga pola maka yang sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, ikan, telur, daging, dan protein lainnya.

Selain itu, kurangi memakan makanan yang berminyak berlebih seperti gorengan dan makanan super pedas, karena hal tersebut akan menjadi benalu sehingga nantinya akan menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan dalam jangkah panjang.

3. Medical check-up

Salah satu hal yang perlu calon jamaah umroh dan haji lakukan sebelum berangkat ke Tanah Suci adalah melakukan medical check-up atau pemeriksaan kesehatan badan secara menyeleuruh. Dengan melakukan Medical check-up maka calon jamaah akan mengetahui kondisi kesehatan atau penyakit yang ada dalam tubuh.

Apabila terdeteksi adanya potensi penyakit maka para calon jamaah bisa melakukan tindakan pengobatan dan penyembuhan sedini mungkin agar tidak mengganggu proses pelaksanaan umroh dan haji di Tanah Suci nanti.

4. Kurangi Kebisaan Kurang Baik

Selain ketiga poin diatas, agar kesehatan tubuh tetap prima saat umroh dan haji di Tanah Suci kurangi kebiasaan yang kurang sehat seperti merokok dan begadang (tidur larut malam). Karena hal tersebut dikhawatirkan akan menggagu kesehatan para calon jamaah menjelang keberangkatan ke Tanah Suci.

5. Istirahat yang Cukup

Manfaatkan waktu menjelang keberangkatan untuk istirahat yang cukup dan hindari melalukan kegiatan yang akan menguras tenaga agar kekuatan fisik tetap terjaga.

Itulah Tips Sehat Sebelum Pergi Umroh dan Haji ke Baitullah yang bisa para calon jamaah lakukan. Semoga bermanfaat...

Lihat Juga : Paket Umroh Murah 2023