Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persiapan Umroh yg Wajib Dilakukan Sebelum Berangkat

Persiapan Umroh yang Wajib Dilakukan Sebelum Berangkat
BIAYAHAJI.COM | Umroh merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan untuk setiap muslim apabila sudah mampu mengadakan perjalanan suci ke Baitullah, Mekah, Arab Saudi untuk melaksanakan serangkaian kegiatannya.

Agar perjalanan ibadah umroh dapat berjalan dengan baik ada beberapa hal penting yang mesti dipsersiapkan oleh calon jamaah sebelum berangkat. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Niat

Niat adalah hal terpenting yang menentukan kualitas ibadah seseorang. Dari Umar bin Khathab, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Sesungguhnya segala amalan itu tidak lain tergantung pada niat; dan sesungguhnya tiap-tiap orang tidak lain (akan memperoleh balasan dari) apa yang diniatkannya..."
Niatkan ibadah umroh Anda karena hanya mengharap ridho Allah semata. Jangan sampai tercemar dengan riya, ujub atau iseng sehingga merusak kualitas ibadahnya.

2. Bertaubat dan Meminta Maaf

Allah SWT berfirman, yang artinya “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” QS. An-Nur: 31

Hakikat taubat adalah; Berhenti total dari perbuatan dosa, menyesali atas dosa-dosa yang telah lalu, serta bertekad untuk tidak mengulangi perbuatan dosa lagi.

Apabila calon jamaah pernah berbuat zalim kepada orang lain (saudara, tetangga, teman), baik secara fisik, harta atau kehormatannya, maka hendaknya dikembalikan kepada mereka atau meminta maaf dengan setulus hati atas kezaliman yang pernah diperbuat kepadanya sebelum safar (pergi umrah).

3. Persiapan Ilmu

Sebelum berangkat umroh hendaknya membekali diri dengan ilmu seputar rangkain ibadah umroh. Ada banyak cara yang bisa dimanfaatkan para calon jamaah belajar, diantaranya perbanyak membaca buku fiqih tentang umroh, mendengarkan cerama melaui kanal youtube terpercaya, bertanya kepada sanak saudara, tetangga atau teman yang sudah pernah berangkat umroh.

4. Persiapan Fisik

Dalam kegiatan umroh ada ritual Tawaf mengitar Ka'bah dan Sa'i antara bukit Safah ke Marwah sebanyak 7 kali, dimana membutuhkan kekuatan fisik yang prima dan fit.

Agar tubuh selalu prima dan fit saat melaksanakan umroh di Tanah Suci, menjelang keberangkatan lakukan olaraga ringan secara teratur dengan berlari-lari di halaman rumah setiap pagi, serta perbanyak berjalan kaki.

Selain berolaraga, memakan makananan bergizi seimbang terdiri dari lima kelompok makanan yakni karbohidrat bertepung, buah-buahan dan sayuran, protein, susu dan lemak sehat, serta meminum air putuh yang cukup.

5. Selesaikan Tanggung Jawab

Sebelum berangkat umroh ada dua tanggung jawab yang mesti ditunaikan oleh calon jamaah, yaitu mebayar hutang (jika ada).

Menurut Syekh Ibnu Utsaimin rahimahullah yang dikutip dari laman web Islamqa.info
mendahulukan perkara yang wajib lebih utama daripada yang sunnah. Maka tidak dianjurkan seseorang muslim pergi ke Mekkah untuk menunaikan umrah yang sunnah sementara dia mempunyai hutang yang menjadi kewajiban untuk segera dilunasi."

Selain mebayar hutang, para calon jamaah juga berkewajiban mencukupi bekal bagi keluarga yang ditinggalkan selama masa umrah.

6. Barang Bawaan

Siapkan barang-barang yang harus dibawah sesuai kebutuhan. Agar tidak ada yang ketinggalan ada baiknya Anda list terlebih dahulu apa saja yang mesti dibawah.

Untuk menghindari biaya tambahan, pastikan Anda tidak membawa barang melebihi kapasitas yang ditentukan maskapai penerbangan.

Demikianlah tulisan singkat mengenai tips persiapan umroh bebelum berangkat. Semoga bermanfaat...