Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Travel Umroh Terpercaya Bagi Pemula

Tips Memilih Travel Umroh Terpercaya
BIAYAHAJI.COM | Umroh adalah salah satu ibadah dalam Islam yang dilakukan di Tanah Suci Mekah. Bagi umat Islam yang berada jauh dari kota suci Mekah seperti di Indonesia, bila ingin pergi umroh perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai calon jamaah melalui biro travel umroh yang telah memiliki izin dari Kemenag RI.

Tingginya minat masyarakat untuk berumroh dari tahun ke tahun membuat para pelaku pengusaha agen travel perjalanan berlomba-lomba mengemas paket umroh untuk memenuhi kebutuhan para calon tetamu Allah. Bahkan travel agen yang belum berpengalaman pun berani menawarkan paket perjalanan ibadah umroh untuk meraup ke untungan.

Nah, bagi para calon jamaah yang akan tunaikan ibadah umroh dalam waktu dekat, memilih biro travel umroh terpercaya adalah solusi yang tepat agar terhindar dari hal-hal yang merugikan, seperti mendapat pelayanan yang kurang memuaskan hingga penipuan biaya paket umroh.

Namun bagi Anda yang masih awam dalam menentukan atau memilih jasa travel umroh terpercaya, berikut ciri-cirinya yang bisa jadikan pedoman.

5 Ciri-Ciri Travel Umroh Terpercaya


1. Memiliki Izin PPIU dari Kemenag

Ciri-ciri travel umroh terpercaya yang pertama yaitu memiliki izin PPIU dari Kemenag RI. Menurut UU Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umroh, bagi masyarkat Indonesia yang akan melaksanakan ibadah umroh wajib menggunakan jasa travel agen yang telah memiliki izin PPIU .

Kenapa harus memilih travel agen berizin PPIU? Karena setiap travel agen berizin PPIU telah diseleksi secara ketat oleh pemerintah pada saat pengajuan izin PPIU.

Baca Juga: Syarat Pengajuan Izin PPIU


2. Memiliki Kepastian Jadwal Keberangkatan

Selain memiliki izin PPIU, ciri-ciri travel umroh terpercaya berikutnya yaitu memiliki kepastian jadwal keberangkatan. Untuk kepastian jadwal umroh yang ditawarkan, PPIU harus booking tiket secara grop dari jauh-jauh hari dengan sitem deposit ke maskapai terkait. Apa bila travel PPIU benar-benar sudah booking tiketnya maka kode pseawat dan jam keberangkatannya sudah bisa diketahui oleh calon jamaah sebelum melakukan pendaftaran.

3. Memiliki Track Record yang Bagus

Selain memiliki dua poin diatas, ciri-ciri travel umroh terpercaya berikutnya yaitu mempunyai track record atau riwayat pelayanan perjalanan ibadah umroh dan haji yang baik. Untuk mengetahui track record tersebut para calon jamaah bisa lihat testimoni dari jamaah yang telah lebih dulu berangkat.

4. Memiliki Kantor dan Alamat yang Jelas

Selain memiliki tiga poin diatas, ciri-ciri travel umroh terpercaya berikutnya yaitu memiliki kantor operasional yang layak serta alamat yang jelas. Nah, hidup di zaman perkembangan teknologi yang semakin modern saat ini, mecari informasi tentang keberadaan kantor PPIU yang akan dipilih cukup mudah, yaitu bisa cek di google Maps melalui laptop/computer atau smartphone.

Jadi calon jamaah tidak perlu menghabiskan waktu yang banyak untuk medatangi lansung kantor PPIU yang akan dipilih karena bisa dilakukan dari rumah.

5. Menawarkan Harga Paket Umroh yang Rasional

Selain memiliki izin PPIU, kepastian jadwal, track record yang baik, kantor yang layak, ciri-ciri travel umroh terpercaya berikutnya yaitu menawarkan harga paket umroh yang wajar dan masuk akal (rasional). Harga paket umroh dapat dikatakan masuk akal apabila tidak terlalu rendah dari standar biaya umroh yang direkomendasikan Kemenag sebesar 28 juta per orang.

Itulah tips memilih travel umroh terpercaya yang dapat dijadikan pedoman saat memilih jasa travel yang akan melayani perjalanan ibadah umroh Anda ke Baitullah. Semoga bermanfaat.